Gini Cara Mengirim CV Lamaran Kerja Lewat Email di HP/Laptop

Cara mengirim lamaran kerja lewat email itu mudah, tapi buat CV lamaran yang kita kirim pakai Gmail di Hp Android ato laptop agar dibuka HRD lah yang butuh strategi khusus, Gimana trik-nya akan saya berikan dalam artikel ini lengkap dengan contoh surat lamaran kerja via email beserta berkas atau dokumen apa saja yang biasa diminta Perusahaan.

Di era modern seperti sekarang untuk menemukan pekerjaan impian banyak orang lebih memilih cara melamar kerja secara online, baik via Hp maupun laptop dengan mengirim lamaran lewat email Gmail, karena biaya maupun waktu yang digunakan lebih murah dan efisien.

Akan tetapi tidak semua Perusahaan menerima lamaran lewat email, ada kok yang masih menggunakan cara jadul atau lama seperti pengiriman surat lamaran kerja langsung mendatangi Perusahaan (Surat lamaran kerja konvensional yang diketik maupun ditulis pada kertas folio dan dimasukkan ke amplop coklat).

Nah, saya rasa teman-teman sudah pada tau kan bagaimana cara membuat lamaran kerja dan juga CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup yang baik dan benar, jika menggunakan media konvensional dengan menulis lamaran di kertas folio serta tata cara melamarnya.

Sekarang karena kita akan mengirim dokumen lamaran melalui email maka Anda bisa membuat CV online dengan bantuan aplikasi pembuat CV. Gimana cara bikin CV online bisa lihat pada tautan.

Berikut merupakan contoh CV yang menarik untuk lulusan baru!
contoh membuat cv lamaran kerja
CV Lamaran Kerja
Selain pakai aplikasi instan pembuat CV, temen-temen juga dapat membuat CV yang menarik di Hp Android seperti contoh di atas menggunakan aplikasi Google Documen yang bisa di unduh gratis via Play Store Android.

Kita kembali ke Topik utama yakni..

Bagaimana tata cara kirim lamaran dari email di Hp Android maupun Laptop?

Begini...!!

Cara mengirim lamaran lewat Gmail sama halnya dengan mengirim pesan email biasa menggunakan Gmail, akan tetapi yang jadi beda dan yang menentukan HRD sudi membuka pesan email kita yaitu  format pesan dan tata cara mengirim CV lamaran lewat email yang baik dan benar.

Nah, maka dari itu simak tips pengiriman lamaran kerja via email berikut ini:

  • Format lamaran kerja tuliskan langsung di badan pesan email dengan menyertakan referensi/ sumber lowongan kerja dari mana, maksud tujuan serta harapan Anda
  • Kapasitas lampiran (CV dan dokumen lain sesuai kebutuhan) tidak lebih dari 2 MB dalam bentuk PDF atau sesuai dengan persyaratan perusahaan, karena kalau terlalu besar maka system email HRD tidak akan menerima pesan yang berisi surat lamaran pekerjaaan kita dan menganggap cuma akan memenuhi kapasitas penyimpanan email mereka
  • Nama pengguna atau alamat email yang dipakai, usahakan nama lengkap asli / profesional bukan nama alias dan sebaiknya pakai email Gmail. Contoh jika memakai email Gmail yakni nama alamat yang profesional yakni seperti ini solehnurhidayat@gmail.com atau hidayatsholehnur@gmail.com bukan malah cyanksolehnur@gmail.com. Karena itu jika belum punya alamat email yang profesional dan lupa cara membuat email lamaran kerja baru lewat Hp bisa ikuti panduan di tautan
  • Foto profil email, buat seperti ketika temen-temen melamar pekerjaan secara konvensional
  • Terakhir tulis Email HRD Perusahaan dengan benar dan pastikan juga mengisi subject email lamaran kerja dengan menyertakan kalimat Lamaran kerja - Posisi lowongan pekerjaan dan Nama lengkap

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email di HP Android

Jika teman-teman sudah mengetahui tata cara melamar kerja via email sekarang simak contoh CV dan lamaran kerja yang baik dan benar serta padat singkat dan jelas sekaligus cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email ke perusahaan yang dituju.

Jadi gini teman, ibaratnya mesin telusur Google, setiap kata atau kalimat yang kita masukkan di kolom pencarian Google, robot Google memunculkan artikel-artikel yang relevan atau paling berhubungan dengan kata kunci yang kita cari dan di sajikan pada halaman pertama.

Nah, saya fikir trik tersebut bisa kita aplikasikan di surat lamaran kerja yang kita akan kirim via email dengan menyertakan subject email lamaran kerja yang tidak terkesan murahan agar email kita dilihat dibuka setelah itu dibaca oleh HRD Perusahaan karena itu tadi sudah saya singgung diatas.

Saya yakin HRD maupun rekruiter Perusahaan yang bertugas menyeleksi lamaran paling relevan dengan posisi yang sedang dibutuhkan yaitu dengan mengetikkan kata kunci di kolom pencarian email rekrutmen karyawan baru tersebut. Karena juga tidak mungkin 1.000 bahkan 10.000 email yang masuk ke aerver email mereka akan di buka satu persatu. Logikanya sih gitu..!!

Nah, sekarang kita lanjut ke langkah langkah mengirim email lamaran kerja lewat Hp Android melalui aplikasi Gmail, berikut caranya:

  1. Pertama, buka email Gmail di Hp 
    cara mengirim lamaran lewat email
  2. Jika sudah maka temen-temen akan melihat tampilan halaman awal ketika masuk ke email yakni yang mengarahkan langsung ke menu pesan utama, sekarang pilih tombol PENA 
    contoh surat lamaran kerja via email
  3. Selanjutnya otomatis email yang singkron dengan Hp Android kalian akan muncul di kolom DARI, berikutnya masukkan Alamat Email HRD Perusahaan dikolom KEPADA (Mengenai kolom CC dan BCC abaikan), dan isikan Subject Email setelah itu tulis langsung Lamaran Kerja Anda di badan pesan email (Body) dengan menyertakan referensi/ sumber lowongan kerja tersebut jika ada, juga sertakan maksud tujuan dan harapan Anda secara singkat padat dan jelas. Nah, kalau temen-temen bingung seperti apa contoh lamaran via email maka bisa simak gambar dibawah ini 
  4. Jika sudah sekarang lampirkan CV serta dokumen lain yang dibutuhkan dan untuk bagaimana cara mengirim CV lewat email yakni pilih menu dengan Icon Clip di bagian kanan atas maka temen-temen akan menemukan mau unggah file dari Lampiran File atau dari Google Drive. Disini saya pilih Lampirkan File untuk mengupload CV maupun dokumen lain seperti Ijazah, SKHUN, KTP dan lain-lain di Hp saya yang sebelumnya sudah di scan dengan aplikasi Android.
    cara membuat lamaran kerja lewat email
  5.  Dan apabila sudah di unggah semua file atau berkas lamaran kerja yang di butuhkan maka pilih tombol KIRIM (Lebih jelasnya teman-teman bisa melihat screenshot gambar diatas) 
    cara ngirim lamaran lewat email gmail
    Contoh Surat Lamaran Kerja Lewat E-Mail
Ohya, jika temen-temen akan kirim lamaran kerja via email lewat Hp dan belum men-scan CV maupun dokumen lainnya yang nantinya di butukan untuk kelengkapan berkas lamaran maka bisa menggunakan aplikasi scan foto pakai Hp yang tersedia banyak di Google Play Store.

Apa saja aplikasi untuk cara scan foto, CV maupun dokumen lainnya di Hp Android?

Berikut, 5 Aplikasi Scanner Android Terbaik:
  • CamScanner
  • Tiny Scanner
  • Simple Scan
  • Camera Scanner
  • Fast Scanner
Mengenai tutorial cara scan dokumen lamaran lewat Hp ke PDF, bisa di lihat pada tauntan!

Rasanya sudah cukup lengkap penjelasan cara mengirim lamaran kerja lewat email untuk melamar pekerjaan via online di Hp maupun laptop PC. Semoga dapat terbantu dan jangan lupa berdoa yah agar lamaran yang kita kirim dengan email tadi mendapat respon yang baik dari HRD dan diterima bekerja di Perusahaan impian. Aaammiiin...
Gini Cara Mengirim CV Lamaran Kerja Lewat Email di HP/Laptop Gini Cara Mengirim CV Lamaran Kerja Lewat Email di HP/Laptop Reviewed by Faz DB on Januari 23, 2018 Rating: 5

1 komentar:

Comments system

[blogger]
Diberdayakan oleh Blogger.