Cara Membuat CV ONLINE untuk Pemula Pakai Aplikasi Pembuat CV

Cara membuat CV online untuk pemula (Fresh Graduate) - Memang tidaklah mudah bikin daftar riwayat hidup yang baik dan benar jika belum mengerti kaedah didalam penulisan curriculum vitae agar menarik perhatian pihak HRD, dikarenakan tidak ada nilai plus dari CV lamaran kerja yang kita buat dan kirim secara online tersebut.

Jika dibandingkan pelamar memiliki pengalaman, tentu saja CV dari kita mudah di kesampingkan. Oleh sebab itu, bagi pemula atau baru lulus pendidikan formal SMA, SMK maupun lulus Kuliah D3, S1 harus kreatif menemukan cara membuat CV, salah satunya pakai aplikasi pembuat CV online.
Cara Membuat CV ONLINE untuk Pemula Pakai Aplikasi Pembuat CV
Sebelum melangkah lebih lanjut ke cara membuat CV yang baik dan benar, ketahui terlebih dahulu pengertian dari CV singkatan dari Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup!

CV lamaran kerja adalah salah satu dokumen persyaratan melamar pekerjaan di suatu perusahaan atau institusi yang memberikan gambaran kualifikasi diri seseorang. Pribahasa mengatakan "Tak Kenal, Maka Tak Sayang" inilah kata-kata tepat arti CV didalam dunia kerja.

List/ Daftar Aplikasi Pembuat CV

Sekarang ini zamannya serba online, tak terkecuali dalam dunia pekerjaan. Kita bisa memanfaatkan media internet untuk menemukan karir impian lewat situs lowongan kerja terpercaya. Selain itu kita juga bisa mendapat ilmu pebelajaran cara membuat CV yang menarik untuk fresh graduate supaya lamaran kerja mendapat tanggapan positif dari HRD perusahaan yang dilamar dari web-web online.

Nah, dengan bantuan aplikasi website pembuat CV, meski kita pemula tentang cara bikin CV lamaran kerja pastinya tidak akan terlihat karena Web tersebut sudah menyediakan pilihan template dan kita hanya perlu memasukkan biodata diri, pendidikan, keahlian ataupun pengalaman kerja jika ada. Setelah itu, daftar riwayat hidup tinggal kita download ke format PDF maupun Doc.

Berikut ini adalah list website membuat CV online:

  1. CVMkr
  2. Canva
  3. GetHired
  4. VisualCV
  5. DoYouBuzz
  6. Resume
  7. ResumUp
  8. KickResume
  9. MyPerfectResume
  10. GotResumeBuilder
  11. LiveCareer
  12. Resumizer
  13. Resunate

Anda bisa memilih 1 dari 13 website online pembuat CV tersebut menurut Anda mudah digunakan dan sesuai dengan apa yang di inginkan. Seperti pada pilihan template atau dari pemilihan aplikasi pembuat CV bahasa Indonesia jika mau bikin daftar riwayat hidup dengan format bahasa Indonesia.


Cara Membuat CV Online untuk Pemula

Di dalam pembuatan CV atau daftar riwayat hidup, haruslah berisi data-data diri kita yang sebenarnya. Hindari penulisan isi CV lamaran yang membohongi pihak HRD, cobalah jujur pada diri Anda sendiri.

Nah, dari list aplikasi pembuat CV online diatas tadi, semuanya hanya bisa di pakai untuk membuat CV bahasa Inggris dan mengharuskan kita untuk membayar sejumlah uang agar dapat memakai template CV yang menarik.

Namun ada 1 website yang menurut saya masih bisa kita pakai secara gratis bikin daftar riwayat hidup online bahasa Indonesia. Yaitu KickResume.com.

Anda bisa mengakses web tersebut lewat hp atau juga laptop. Kekurangannya ada di pemilihan template, yang gratis hanya 3 template saja. Lumayan kan?

Berikut contoh cara membuat CV lamaran kerja secara online bagi pemula menggunakan KickResume.com lewat hp:

  • Pertama masuk ke link web KickResume, dan jika sudah berada didalamnya, pilih tombol Menu yang ada di kanan atas layar hp Anda. Maka muncul tombol SIGN UP dan pilih tombol tersebut
    cv maker bahasa indonesia
  • Sekarang mulailah membuat akun terlebih dahulu, pilih SIGNUP WITH EMAIL lalu masukkan alamat email yang Anda punya sekarang, buat dan konfirmasi sandi, centang kolom Captcha kemudian tab REGISTER
    cv online gratis
  • Langkah selanjutnya adalah verifikasi akun yang Anda buat, buka pesan dari KickResume di email yang digunakan daftar lalu tekan dan tahan tombol Hijau yang ada tulisan GET YOUR RESUME NOW untuk memunculkan opsi buka tautan di browser Chrome
    contoh cara membuat cv online di hp
  • Maka kita akan mendapati tampilan web/aplikasi pembuat CV online KickResume seperti gambar dibawah. Lanjut pilih tombol Create New Resume untuk mulai bikin CVlamaran kerja
     cara membuat cv untuk pemula
  • Pilih salah satu dari tiga template gratis, maka setelahnya kita akan diarahkan ke Proses Memasukkan Data Diri..!
  • Jika Anda ingin membuat CV online bahasa Indonesia maka pada tiap-tiap kolom pada halaman ini, mulai dari PERSONAL INFO, WORK EXPERIENCE, EDUCATION, SKILLS bisa Anda edit menjadi Informasi Pribadi, Pengalaman Kerja (Bagi lulusan baru ganti dengan Praktik Kerja), Pendidikan, Keahlian. Sekalian juga masukkan isi biodata diri Anda pada tiap kolom tersebut. Selesai memasukkan data diri lanjut klik tombol edit template (Lihat gambar sebelah kanan)
    buat cv lamaran kerja
  • Sekarang lakukan pengeditan tampilan CV Anda, seperti memindahkan kategori Pendidikan diatas kategori Praktik Kerja/ Pengalaman. Selesai, klik tombol Preview & Customize
    cara buat cv lamaran kerja
  • Nah, seperti inilah jadinya CV online yang tadi dibuat, lanjut gulir layar keatas untuk menuju ke tombol Download di bawahnya
    cara membuat cv yang menarik untuk fresh graduate
  • Tunggu beberapa saat dan CV Anda berhasil di download ke format PDF. Jadi kita tidak perlu repot untuk scan dokumen ke PDF karena sudah otomatis terdownload dalam bentuk format file PDF, sekarang buka untuk melihat hasilnya CV online
    contoh cv dalam bentuk pdf
  • Sampai disini, kita sudah dapat lihat hasil pembuatan CV online dalam bentuk PDF dan jika ingin menyimpan CV tersebut ke dalam Google Drive maka pilih icon G.Drive seperti gambar dibawah
    contoh cv online
  • Berikutnya, berikan nama file CV, pilih akun email utama jika di hp Anda terdapat banyak akun Gmail, lihat CV tersebut akan di upload ke Folder Driver yang mana (Contoh disini saya upload ke Folder Driver Saya). Jika sudah pilih SIMPAN
    cara upload cv online
  • Selesai..!
    cara bikin daftar riwayat hidup untuk lamaran kerja

Seperti itulah langkah bagaimana cara membuat CV online menggunakan aplikasi pembuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar secara gratis dengan bahasa Indonesia beserta cara upload file ke Google Drive.

Nah, jika Anda pemula dalam hal mengirim lamaran kerja secara online memakai email Gmail bisa baca pentunjuk caranya di Blog saya ini juga. Karena ada tata cara kirim lamaran lewat email supaya dibuka HRD!

Nggak mau kan, susah payah sudah bikin CV yang unik tapi gara-gara ada kesalahan teknik dalam pengiriman email lamaran Anda? Maka dari itu simak juga triknya di tautan Baca Selengkapnya.

Oke, selesai sudah artikel yang saya bagikan khusus buat teman-teman yang sekarang ini lagi galau mencari pekerjaan. Semoga dari usaha kreatif Anda dalam membikin CV yang menarik tersebut bisa mengantarkan Anda ke pekerjaan impian atau setidaknya bisa membawa Anda ke meja wawancara yah!
Cara Membuat CV ONLINE untuk Pemula Pakai Aplikasi Pembuat CV Cara Membuat CV ONLINE untuk Pemula Pakai Aplikasi Pembuat CV Reviewed by Faz DB on Februari 26, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments system

[blogger]
Diberdayakan oleh Blogger.