Cara Scan DOKUMEN Lamaran Lewat HP Android Ke PDF (Ijazah, Foto dll)

Jika Anda bertanya, Bagaimana cara scan lamaran lewat Hp? jawab saya mudah dan banyak cara yang bisa kamu gunakan tanpa perlu keluar rumah untuk mencari tukang scan dokumen lamaran kerja seperti Ijazah, KTP, SKCK bahkan Foto ke dalam bentuk PDF, karena Hp Android kamu bisa di manfaatkan sebagai alternatif cara scan dokumen ke PDF.

Jadi, bagi pengguna smartphone Android kalau kita kepo cara scan lamaran kerja dan file attachment lainnya pakai Hp pasti akan menemukan tutorial yang saya tulis ini. Karena kamu sudah masuk ke Blog CBADE, saya kasih tau alternatif terbaik scan dokumen lamaran kerja tanpa mesin scanner yang harganya mahal dengan aplikasi gratis scan di Hp Android.
cara scan dokumen ke pdf

Namun, setahu saya sampai saat ini ada satu merk Hp Android yang bisa scan lamaran, scan Ijazah, Foto lewat Hp tanpa instal aplikasi, yakni merk Hp Xiaomi. Meski bisa menscan tanpa menggunakan aplikasi tambahan, kalau kamu scan dokumen pakai fitur bawaan Xiaomi ini, hasilnya tidak dalam bentuk file PDF, tapi ke bentuk file JPEG.

Terlepas dari merk Android yang bisa scan file lamaran lawat Hp tanpa aplikasi tambahan, ada aplikasi scan dokumen yang bisa dimanfaatin buat keperluan scanner. Jadi tidak harus punya Xiaomi kok, merk Samsung, Lenovo, Oppo, Advan, Vivo, Asus, Nokia dls bisa scan lamaran dan dokumen lainnnya dengan menginstal aplikasi scan di Google Playstore.

Cara Scan File/ Dokumen Lamaran Lewat HP Android

Bagi kamu yang kebetulan membaca artikel ini yang kamu temukan di mesin pencari Google melalui browser Chrome, Firefox, Opera dll menggunakan Hp Xiaomi, kalau dokumen lamaran kerja yang diminta perusahaan tidak harus file PDF, bisa langsung mengikuti langkah dibawah ini:
  1. Pertama, masuk ke menu Alat
  2. Kamu pilih opsi Pemindai
    cara scan lamaran lewat hp tanpa aplikasi
  3. Letakkan dokumen yang mau di scan seperti lamaran kerja, Ijazah, CV, KTP, SKCK dls dilantai/ meja lalu arahkan kamera belakang ke dokumen yang ingin di scan kemudian tab tombol Ambil gambar
    cara scan lamaran lewat hp xiaomi
  4. Berikutnya tab tombol Centang untuk menuju ke proses editing gambar
  5. Sekarang, edit hasil foto untuk penyempurnaan bagian yang akan discan, jika sudah tab icon Centang
    cara scan dokumen lamaran lewat hp tanpa aplikasi
  6. Selesai, scan lamaran lewat Hp berhasil dan tab Centang untuk simpan file tersebut
Note: Dokumen hasil scan tersimpan di menu Galeri dan juga Folder Berkas di Hp Android dalam bentuk file JPEG.
Sedangkan, buat kamu yang ingin tahu cara scan dokumen ke PDF, karena perusahaan yang dilamar mewajibkan lampiran attachment bentuk PDF, maka bisa pakai cara scan file lamaran lewat Hp dengan aplikasi untuk semua merk Android.

Cara Scan Dokumen ke PDF Pakai Aplikasi Untuk HP Android

Terdapat banyak aplikasi Android yang bisa di pake' untuk alternatif scan dokumen dari Hp yang hasilnya secara otomatis dalam bentuk PDF. Dan ini kelebihan menscan file lewat Hp menggunakan aplikasi tambahan dari yang tidak memakai aplikasi seperti yang dipunyai handphone Xiaomi.

Nah, biyar kalian kagak bingung memilih aplikasi yang mana yang bagus di gunakan scan lamaran lewat Hp, berikut 5 aplikasi scanner terbaik berdasarkan urutan teratas saat saya search di kotak pencarian Playstore:
  • Tinny Scanner
  • CamScanner
  • PDF Scanner
  • Fast Scanner
  • Scanner Foto
  • PDF Scanner Dokumen Gratis
  • Office Lens
  • Scanner Dokumen PDF
  • Simple Scan
  • Image Scanner
Sekarang saya akan contoh-kan cara scan dokumen ke PDF menggunakan salah satu Apps diatas yakni CamScanner. Langkah-langkah:
  1. Instal aplikasi CamScanner - Phone PDF Creator di Hp Android dan setelah berhasil terpasang lanjut Buka Appsnya
  2. Berikut nongol halaman utama buat Sign In, Register, Use Now. Tanpa perlu daftar akun, kamu bisa kok langsung tab saja Use Now
    aplikasi scanner hp
  3. Selanjutnya kita mulai ke proses scan, pilih tombol yang ada tulisan Start Scanning
  4. Arahkan kamera belakang ke dokumen lamaran, Daftar riwayat hidup, Ijazah, E-KTP, SKCK atau Foto lalu tekan tombol yang saya Tunjuk Panah
  5. Lanjut ke langkah berikutnya yakni edit gambar dengan cara tarik tombol bulat disisi-sisi gambar, ke arah atas, bawah, samping kanan kiri untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jika udah tab icon Centang
    cara scan lamaran lewat hp android
  6. Sekarang kamu bisa pilih hasil scan dokumen dari tampilkannya menggunakan opsi yang saya tandai kotak merah, ada yang Auto, Original, Lighten dll. Kemudian tab Centang
    cara scan file lamaran lewat hp
  7. Selanjutnya lihat hasil scan dokumen lewat Hp dengan aplikasi CamScanner dengan cara tab file tersebut (Lihat gambar dibawah)
  8. Nah, inilah hasil dokumen lamaran PDF yang tadi saya contohin buat langkah-langkah cara scan lamaran lewat Hp dan untuk memberikan nama ke file tersebut tab icon titik-titik tiga di layar Hp sisi kanan atas
    bagaimana cara scan lamaran lewat hp
  9. Akan nongol menu dropdown, lanjut pilih Page Name
    cara scan ijazah lewat hp
  10. Lanjut, silahkan buat nama untuk file yang kamu scan. Contohnya, karena saya tadi scan lamaran, jadinya saya kasih nama file PDF pakai nama "Surat Lamaran Kerja". Jika sudah lanjut tab OK
    cara scan ijazah untuk melamar kerja
  11. Sudah selesai..
Note: Jika kamu bingung dimana file tersebut tersimpan, silahkan cari di Folder Berkas dan lanjut cari folder CamScanner.
Kesimpulan dari 2 contoh diatas adalah masing-masing metode cara scan lamaran lewat Hp ataupun dokumen-dokumen lainnya dari yang tanpa aplikasi di Android Xiaomi ataupun dari yang menggunakan aplikasi yakni bisa digunakan secara offline tanpa harus tersambung jaringan internet.

Namun, saya lebih merekomendasikan kamu memakai aplikasi, jika file atau dokumen yang akan di scan digunakan untuk melamar pekerjaan lewat email Gmail di Hp Android. Dikarenakan sangat jarang sekali perusahaan menerima lampiran attachment dalam format JPEG seperti yang dihasilkan dari menscan lamaran dengan Hp Xiaomi tanpa aplikasi.

Demikian tutorial cara scan dokumen lewat Hp yang bisa saya bagikan buat teman-teman netizen. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung ke Blog pribadi saya ini.
Cara Scan DOKUMEN Lamaran Lewat HP Android Ke PDF (Ijazah, Foto dll) Cara Scan DOKUMEN Lamaran Lewat HP Android Ke PDF (Ijazah, Foto dll) Reviewed by Faz DB on Maret 13, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Comments system

[blogger]
Diberdayakan oleh Blogger.